IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Penggunaan Media Kartu Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah

Erina Kusuma Anggraini (Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Sleman)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas IX A MTsN 5 Sleman dengan penerapan media kartu bergambar. Metode – Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Tujuan dari penelitian ini untuk memfokuskan dalam peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab melalui media kartu bergambar. Rancangan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dimulai dari menyusun perencanaan, melaksanakan tindakan (aksi), melakukan observasi, dan mengadakan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A dengan jumlah 30 siswa. Dalam memperoleh data, penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi yang diberikan pada setiap siklusnya. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada tahapan pra-tindakan, kategori siswa yang belum menguasai mufradat sebesar 40% dengan jumlah siswa sebanyak 12 siswa, kategori cukup menguasai sebesar 33,3% dengan jumlah 10 siswa, dan 26,7% untuk kategori sudah menguasai dengan jumlah 8 siswa. Sedangkan pada tahap siklus I, kategori siswa yang belum menguasai mufradat sebesar 26,7% dengan jumlah siswa sebanyak 8 siswa, kategori cukup menguasai sebesar 30% dengan jumlah 9 siswa, dan 43,3% untuk kategori sudah menguasai dengan jumlah 13 siswa. Terakhir pada tahap siklus II, untuk kategori siswa yang belum menguasai mufradat sebesar 13,3% dengan jumlah siswa sebanyak 4 siswa, kategori cukup menguasai sebesar 20,3% dengan jumlah 6 siswa, dan 66,7% untuk kategori sudah menguasai dengan jumlah 20 siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...