IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Moderasi Beragama Melalui Video Pondok Narimo dalam Pembelajaran PPKn Siswa Madrasah Aliyah

Mu’awanah Zulaichah (Madrasah Aliyah Negeri 5 Sleman)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nilai moderasi beragama melalui video pondok narimo dalam pembelajaran PPKn siswa kelas 12 MIPA 2 MAN 5 Sleman. Metode – Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif tindakan kelas dengan menggunakan analisis N-gain score. Uji N-gain score dilakukan dengan cara menghitung selisih antara nilai pretes (tes sebelum diterapkan metode penyajian video pendek mata pelajaran PPKn di kelas 12 MIPA 2 dan nilai posttest (tes sesudah diterapkan metode penyajian video pendek). Hasil – Berdasarkan hasil penelitian pada penelitian tindakan ini diperoleh 76 % peserta didik dapat meningkatkan pemahaman moderasi agama secara efektif, 20 % peserta didik tidak meningkat pemahamannya terhadap moderasi beragama, maka dari hasil tersebut dikatakan terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan video pendek dan dapat meningkatkan pemahaman nilai moderasi beragama secara efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...