IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 1 No. 2 (2022)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 5 Gunungkidul Melalui Pendekatan SETS

Evy Rahmawati (Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 5 Gunungkidul tahun pelajaran 2022/2023 dengan mengunakan pendekatan SETS. Metode – Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model penelitian Kemis dan Mc Taggart. Model Mc Taggart ini terdiri dari empat komponen yang berurutan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi, yang dalam pelaksanaan dan pengamatannya dilakukan secara bersamaan. Artinya pengamatan dilakukan pada saat proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII B MTsN 5 Gunungkidul tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 siswa. Subjek penelitian ini sangat heterogen dilihat dari kemampuannya, yakni ada sebagian siswa yang memiliki kemampuan yang tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dokumentasi, angket, dan tes evaluasi. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian pada penelitian tindakan ini diperoleh diperoleh siklus I observasi sikap nilai rata-rata 77,00 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 64,00%, sedangkan untuk keterampilan nilai rata- rata 71,40 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 72,00%, sedangkan untuk pengetahuan nilai rata-rata 69,60 dengan kriteria kurang dan ketuntasan 53,33%. Siklus II, hasil observasi sikap nilai rata-rata 78,50 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 76,00%, sedangkan untuk observasi keterampilan nilai rata-rata 74,00 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 92,00%, sedangkan untuk pengetahuan nilai rata-rata 82,93 dengan kriteria cukup dan ketuntasan 88,00%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...