Tujuan – Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI C MTs Negeri 8 Gunungkidul. Metode – Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C MTs Negeri 8 Gunungkidul yang berjulah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi/pengamatan, dan dokumentasi, di mana data diperoleh dalam empat kali pertemuan, mulai dari menuangkan ide berdasarkan pengalaman, membuat kerangka cerita, mengembangkan berdasarkan struktur teks cerita pendek, penggunaan aspek kebahasaan, dan tahao editing teks. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian berbasis portofolio untuk kemampuan siswa dalam menulis teks cerita pendek dapat terpantau secara bertahap dan terbimbing. Pada setiap tahapnya peserta didik dapat mengetahui tingkat kemampuannya sehingga pada tahap akhir mereka sudah paham. Penilaian portofolio mempermudah guru dalam mengetahui tingkat kemampuan peserta dalam menulis cerita pendek. Selain itu, guru dapat mengetahui kemampuan siswa melalui sumber-sumber data yang diperoleh secara bertahap dan terstruktur melalui penilaian portofolio.
Copyrights © 2023