IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 1 (2023)

Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Penilaian Portofolio

Rukmini Rukmini (Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Tujuan – Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI C MTs Negeri 8 Gunungkidul. Metode – Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C MTs Negeri 8 Gunungkidul yang berjulah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi/pengamatan, dan dokumentasi, di mana data diperoleh dalam empat kali pertemuan, mulai dari menuangkan ide berdasarkan pengalaman, membuat kerangka cerita, mengembangkan berdasarkan struktur teks cerita pendek, penggunaan aspek kebahasaan, dan tahao editing teks. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian berbasis portofolio untuk kemampuan siswa dalam menulis teks cerita pendek dapat terpantau secara bertahap dan terbimbing. Pada setiap tahapnya peserta didik dapat mengetahui tingkat kemampuannya sehingga pada tahap akhir mereka sudah paham. Penilaian portofolio mempermudah guru dalam mengetahui tingkat kemampuan peserta dalam menulis cerita pendek. Selain itu, guru dapat mengetahui kemampuan siswa melalui sumber-sumber data yang diperoleh secara bertahap dan terstruktur melalui penilaian portofolio.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...