IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 1 (2023)

A Case Study: Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kulon Progo

Sukarlan Sukarlan (Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Kulon Progo)



Article Info

Publish Date
10 May 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah upaya dalam meningkatkan kinerja guru yang dilakukan oleh Kepala Madrasah MTsN 4 Kulon Progo. Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian dalam peneilitian ini adalah guru-guru MTsN 4 Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan lembar angket. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data. Data dianalisis dengan menggunakan teknik atau metode deduktif. Hasil – Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepala madrasah telah melakukan upaya untuk meningkatkan kinerja guru, seperti memberikan contoh teladan yang baik, penempatan yang tepat sesuai kualifikasi dan kemampuan guru, pemberian motivasi, dan pembinaan dan pengembangan. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, seperti penempatan guru yang tidak sesuai kualifikasi dan kemampuan, serta perlu ditingkatkan lagi pemberian motivasi. Kepala madrasah juga perlu meningkatkan kemampuan mereka dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran. Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru haruslah holistik dan terus ditingkatkan dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhi kinerja guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...