IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 1 (2023)

Pendekatan Kolaboratif dalam Supervisi: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru di MA Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa

Ratna Zaidah (Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar)



Article Info

Publish Date
11 May 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi profesional guru MA Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa melalui supervisi pembelajaran denan pendekatan kolaboratif. Metode – Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 60 guru di MA Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data dilakukan setelah instrumen terpilih digunakan untuk menguji hipotesis. Keberhasilan tindakan dilihat dari rata-rata persentase >75% pada setiap indikator dan hasil supervisi guru ≥85% dari jumlah guru yang disupervisi.dikatakan meningkat apabila hasil supervisi guru ≥85% dari jumlah guru yang disupervisi. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis data observasi lapangan supervisi lanjutan dengan sampel 10 orang guru dan diperoleh data 10 orang guru (100%) yang melaksanakan pembelajaran kontekstual, kebermaknaan, humanis, metakognitif, dan moderat. 10 guru (100%) melaksanakan pembelajaran dengan mengintegrasikan kecakapan abad 21, 8 orang guru (80%) melaksanakan pembelajaran dengan mengimplementasikan pendekatan Saintifik, 10 guru (100%) melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan/atau sumberdaya yang tersedia di sekitar lingkungan belajar, dan 10 guru (100%) melakukan penilaian proses dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kompetensi profresional guru Madrasah Aliyah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa melalui supervisi pembelajaran dengan pendekatan kolaboratif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...