Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran melalui supervisi klinis dan menerapkan supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran guru MI Miftahul Ulum Sarang Bantul, D.I Yogyakarta. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dimana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dimana subjek dan objek penelitian ada sembilan guru yaitu enam guru kelas dan tiga guru bidang studi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan lembar wawancara. Adapun kreteria sebagai analisi data dan hasil tindakan adalah sebagai berikut: 91-100 berarti amat baik, 81- 90 berarti baik, 71-80 berarti cukup dan 61-70 berarti kurang. Hasil – Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki kemampuan awal dengan kreteria rata-rata kurang, setelah diadakan perbaikan pada siklus pertama diperoleh hasil dengan rata-rata kreteria masih kurang namun setelah diadakan perbaikan dengan siklus dua pertemuan dua kali pertemuan rata – rata dari 79% menjadi 80% sedangkan rata-rata Siklus II dari 80,83 meningkat menjadi 83,33% dan semua guru mencapai kriteria baik sehingga dapat kita ambil simpulan bahwa supervisi klinis memperoleh hasil baik sekali.terdapat peningkatan kemampuan kompetensi guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi klinis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kondisi awal sekolah yaitu terjadi peningkatan pada siklus dua pertemuan, dengan menggunakan supervisi klinis.
Copyrights © 2023