IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 1 (2023)

Peningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran melalui Supervisi Klinis di MI Miftahul Ulum Sarang

Marini Marini (Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Sarang Bantul)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi  guru dalam pembelajaran melalui supervisi klinis dan menerapkan supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran guru MI Miftahul Ulum Sarang Bantul, D.I Yogyakarta. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dimana setiap siklus terdiri dari tahapan  perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dimana subjek dan objek penelitian ada sembilan guru yaitu enam  guru kelas dan tiga guru bidang studi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan lembar wawancara. Adapun kreteria sebagai analisi data dan hasil tindakan adalah sebagai berikut: 91-100 berarti amat baik, 81- 90 berarti baik, 71-80 berarti cukup dan 61-70 berarti kurang. Hasil – Hasil penelitian menunjukan bahwa  guru memiliki kemampuan awal dengan kreteria rata-rata kurang, setelah diadakan perbaikan pada siklus pertama diperoleh hasil dengan rata-rata  kreteria masih kurang namun setelah diadakan perbaikan dengan siklus dua  pertemuan  dua kali pertemuan  rata – rata dari 79%  menjadi 80%  sedangkan  rata-rata  Siklus II dari 80,83 meningkat menjadi 83,33% dan semua guru mencapai kriteria baik sehingga dapat kita ambil simpulan bahwa supervisi klinis memperoleh hasil baik sekali.terdapat peningkatan kemampuan kompetensi guru  dalam proses pembelajaran melalui supervisi klinis dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap kondisi awal sekolah yaitu terjadi peningkatan pada siklus dua pertemuan, dengan menggunakan supervisi klinis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...