IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 1 (2023)

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Penerapan Model Think Talk Write

Warih Handayani (Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bantul)



Article Info

Publish Date
11 May 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejahu mana peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada materi persamaan garis lurus dengan penerapan model Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIII A MTsN 2 Bantul. Metode – Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode pengumpulan data dokumentasi, observasi dan tes.  Subjek penelitian ini berjumlah 34 siswa kelas VIII A MTsN 2 Bantul. Teknik analisis data menggunakan persentase deskriptif dengan indikator keberhasilan sebesar 75%. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus I menunjukkan skor keaktifan siswa sebesar 53,39. Pada siklus II 78,13. Dengan demikian terjadi peningkatan pada keaktifan sebesar 24,74. Maka model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sedangkan untuk hasil belajar pada akhir siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 70,05 dengan persentase ketuntasan belajar 70,83%. Pada siklus II 80,21 dengan persentase ketuntasan belajar 91,67%. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 11,46%. Maka model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...