IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 1 (2023)

Menuju Madrasah Unggul dan Berprestasi: Penerapan Manajemen Partisipatif dan Kolaboratif di MIN 2 Bantul

Siti Fatimah (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bantul)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya mewujudkan madrasah unggul dan berprestasi melalui manajemen partisipatif dan kolaboratif di MIN 2 Bantul. Metode – Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendeketan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, observasi dan dokumetasi. Terakhir, analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan data dengan triangulasi sebagai kroscek keabsahan data. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian manajemen pembiasaan partisipatif-kolaboratif menunjukkan adanya perubahan seperti dari segi sarana dan prasana, disiplin guru dan siswa, gerakan literasi madrasah, branding madrasah, manajemen madrasah, hasil rata-rata ujian siswa yang meningkat, dan program penghijauan. Oleh karena itu, selalu mengevaluasi setiap program atau kegiatan yang kurang memadai setelah terealisasi dan sudah terpenuhi sudah seharusnya bisa mengelola dan memanfaatkanya sesuai dengan peruntukanya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...