IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 2 (2023): On Procces

Peningkatan Kemampuan Guru di Masa COVID-19 dalam Menggunakan WhatsApp Sebagai Sarana Pembelajaran

Legiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan WhatsApp sebagai sarana pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Kulon Progo. Metode – Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan metode pengumpulan data dokumentasi, observasi dan tes. Subjek penelitian ini berjumlah 20 guru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan lembar penilaian pemanfaatan WhatsApp dengan 12 indikator penilaian di dalamnya. Teknik analisis data menggunakan persentase deskriptif. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan ini sebesar >75%. Hasil – Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh simpulan yaitu hasil pelaksanaan pengenalan WhatsApp kepada guru mencapai rata-rata sebesar 92,5%. Hal ini menunjukkan peneliti melaksanakan pelatihan dengan kriteria “sangat baik”. Oleh karena itu, berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I sampai dengan siklus III dapat disimpulkan maksimal. Kemdian, dari 20 guru diketahui skor rata-rata penggunaan dari seluruh guru adalah sebesar 3,7, dengan hasil konversi nilai rata-rata sebesar 92,5% dan berkategori “Tinggi”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan berupa pengenalan pemanfaatan WhatsApp kepada guru di masa Covid-19 sebagai sarana belajar ini dapat dikatakan berhasil, dan meningkatkan penguasaan guru terkait pemanfaatan WhatsApp sebagai sarana kegiatan belajar mengajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...