Tujuan – Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pembelajaran pada saat masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Yogyakarta. Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini berlokasi di MIN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru-guru dan orang tua murid. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedoman pembelajaran yang komprehensif telah disusun dan diimplementasikan. Meskipun metode daring yang digunakan melibatkan pendekatan kreatif, terdapat keterbatasan, termasuk kurangnya interaksi antara guru dan siswa serta keterbatasan partisipasi orang tua. Temuan ini memiliki implikasi signifikan dalam praktek pendidikan dan menambah literatur tentang pendidikan jarak jauh. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang fokus pada strategi untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dan mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran luring yang baru diterapkan.
Copyrights © 2023