IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 2 (2023): On Procces

Pembelajaran Daring dan Luring di MIN 1 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19: Fokus pada Keterlibatan Orang Tua dan Implementasi Metode Pengajaran

Suprapti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi pembelajaran pada saat masa pandemi Covid-19 di MIN 1 Yogyakarta. Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini berlokasi di MIN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru-guru dan orang tua murid. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil – Hasil penelitian menunjukkan bahwa pedoman pembelajaran yang komprehensif telah disusun dan diimplementasikan. Meskipun metode daring yang digunakan melibatkan pendekatan kreatif, terdapat keterbatasan, termasuk kurangnya interaksi antara guru dan siswa serta keterbatasan partisipasi orang tua. Temuan ini memiliki implikasi signifikan dalam praktek pendidikan dan menambah literatur tentang pendidikan jarak jauh. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang fokus pada strategi untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dan mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran luring yang baru diterapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...