IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 2 (2023): On Procces

Penggunaan Media Puzzle dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar

Suripto (Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Macanmati, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan media puzzle dalam pengajaran Bangun Datar guna meningkatkan keterlibatan siswa, hasil belajar, dan kinerja guru di kelas II MI Muhammadiyah Macanmati. Melalui pendekatan yang sistematis, penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa, kinerja guru, dan keterlibatan siswa selama proses pengajaran. Metode – Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) 2 siklus yang masing–masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Muhammadiyah Macanmati Kabupaten Gunungkidul dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil – Hasil dari diskusi penlitian menunjukkan pada siklus awal, hasil belajar rata-rata siswa adalah 75,91, dan ini meningkat secara signifikan menjadi 83,64 pada siklus kedua. Selain itu, tingkat penguasaan klasikal meningkat dari 77,27% pada siklus pertama menjadi 90,91% yang mengesankan pada siklus kedua. Aktivitas belajar siswa juga menunjukkan kemajuan yang mencolok, dengan peningkatan dari 62,12% (dikategorikan tinggi) pada siklus pertama menjadi 89,37% (dikategorikan sangat tinggi) pada siklus kedua. Begitu juga, penilaian kinerja guru meningkat dari 83,18 pada siklus pertama menjadi 86,31 pada siklus kedua. Oleh karena itu, jelas bahwa penggunaan media puzzle dalam pengajaran Bangun Datar telah berhasil berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa, meningkatkan keterlibatan siswa, dan meningkatkan kinerja guru, sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...