IJAR : Indonesian Journal of Action Research
Vol. 2 No. 2 (2023): On Procces

Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Penggunaan Media Film pada Siswa MTsN 1 Yogyakarta

Sarifaini (Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2023

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan keterampilan menulis cerpen siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media film pada siswa kelas IX E MTsN 1 Yogyakarta. Metode – Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi (pengamatan), dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IXE MTs Negeri 1 Yogyakarta yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. nalisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 80% atau inividu siswa mendapatkan hasil belajar sebesar minimal 77. Hasil – Hasil dari diskusi penlitian menunjukkan partisipasi aktif siswa dan efektivitas metode pengajaran ini. Dalam hal pencapaian akademik, pemahaman siswa terhadap materi meningkat secara signifikan, dengan 95,95% siswa mencapai target KKM pada siklus kedua. Skor rata-rata adalah 74,77, menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata bahasa Indonesia oleh siswa. Implikasi dari penelitian ini mencakup potensi Media Photo Story sebagai alat pedagogis berharga dalam pendidikan bahasa Indonesia, yang dapat meningkatkan pengalaman kelas, retensi kosakata, dan kinerja akademik. Penelitian ini juga mendukung penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan kebutuhan akan metode pengajaran inovatif. Secara keseluruhan, implementasi Media Photo Story dalam pendidikan bahasa Indonesia memiliki potensi untuk meningkatkan akuisisi kosakata dan kinerja akademik, berkontribusi pada literatur tentang strategi pengajaran efektif, dan menyoroti relevansi pendekatan berbasis visual dalam pendidikan kontemporer.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education in Southeast Asia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education in Southeast Asia to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...