Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial
Vol 21 No 1 (2022): PEKSOS

KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI TERHADAP PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI SMA NEGERI 113 JAKARTA

Alfitria Digita (Unknown)
Pribowo (Unknown)
Rini Hartini Rinda A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui gambaran secara empiris tentang kejenuhan belajar siswa kelas XI terhadap proses pembelajaran daring di SMA Negeri 113 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei deskriptif. Penelitian ini mengambil kelas XI sebagai populasi penelitian dengan jumlah siswa sebanyak 360 siswa. Sebanyak 10% dari jumlah populasi ditentukan sebagai sampel penelitian dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel proporsional acak untuk mendapatkan sampel berdasarkan banyaknya anggota dari setiap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi dokumentasi, dan wawancara. Alat ukur penelitian yang digunakan adalah alat ukur skala Academic Burnout yang mengadaptasi dari Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). Penilaian pada alat ukur skala Academic Burnout telah dikonversikan ke dalam skala Likert. Pengujian validitas alat ukur menggunakan validitas muka (Face Validity) dengan cara mengkonsultasikan kebenarannya kepada Dosen Pembimbing. Uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach yang digunakan untuk menguji tingkat reliabilitas ukuran. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dalam bentuk tabel dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa kelas XI mulai mengalami gejala-gejala kejenuhan belajar selama penerapan pembelajaran daring, dengan rincian skor aspek Exhaustion sebesar 895, skor Aspek Cynicism berjumlah 721, serta skor Aspek Reduced Academic Efficacy sebesar 770 dan masing-masing skor kejenuhan belajar berada pada kategori sedang (721 - 1.080). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Peneliti memberikan rekomendasi alternatif program yaitu Program RITME (daRIng iTu MEnyenangkan) yang bertujuan untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar yang dirasakan siswa selama mengikuti pembelajaran daring. Kegiatan yang dilakukan adalah Sharing and Support secara Daring dan Permainan yang dimainkan secara Daring dengan nama “TTS” (Teka- Teki Senang).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

peksos

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial is a scholarly refereed journal to expand knowledge and promote the fields of social work, social welfare, and community development. Its major focus is on the development of social work as well as social welfare and community development issues. It aims is to ...