Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik)
Vol 16 No 1 (2024): Jurnal STIE SEmarang

PENERAPAN STRATEGI 7P MARKETING MIX PADA GROSIR KOSMETIK

Muhammad Nur Juniadi (STMIK AMIKOM Surakarta)
Nina Dewi Lashwaty (STMIK AMIKOM Surakarta)
Mursid Mursid (STMIK AMIKOM Surakarta)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Penggunaan kosmetik yang meluas termasuk di Indonesia membuat banyak pihak mendirikan perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang produk terkait. Hal ini membuat persaingan semakin ketat. Marketer diharuskan untuk mengadopsi strategi pemasaran untuk memenangkan hati konsumen. Salah satu strategi pemasaran yang banyak diadopsi oleh toko kosmetik termasuk Ivone Grosir Kosmetik adalah 7P marketing mix. Teknik Sampling Insidental diaplikasikan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara. Nilai Cronbach’s Alpha 0.887 menyatakan reliabilitas angket tinggi. Data yang diperoleh merupakan data primer. Variabel bebas terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, SDM, proses dan bukti fisik. Keputusan pembelian merupakan variabel terikat. Dari Uji Analisis Linier Berganda satu tahap diperoleh hasil bahwa variabel harga, bukti fisik, proses dan promosi memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, sedangkan yang lain berpengaruh negatif. Dari Uji F diketahui bahwa semua variabel bebas dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel terikat. Berdasalkan hasil Uji t ditemukan pengaruh secara parsial dari variabel-variabel harga, bukti fisik dan proses terhadap variabel keputusan pembelian, sementara variabel yang lain tidak memiliki pengaruh parsial. Menurut Analisis Koefisien Determinasi diperoleh fakta bahwa variabel-variabel bebas yang dimasukkan ke dalam penelitian ini berpengaruh 57.2% terhadap variabel terikat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is published by SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SEMARANG, Center Java, Indonesia. It is published three times a year February, June and October. JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is organized by the Lecturers of STIE SEMARANG and Journal Developer Team. The articles published in ...