Jurnal Kesehatan Tambusai
Vol. 5 No. 1 (2024): MARET 2024

PENERAPAN PATH ANALYSIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP NET BENEFIT DAN INTENSITAS PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS)

Ratna Wulandari (Prodi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Semarang)
Eleonora Maryeta Toyo (Prodi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Semarang)
Wasis Utami (Prodi D3 Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Nusaputera Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2024

Abstract

Kepuasan adalah target dalam sebuah pelayanan.  Pelayanan kesehatan adalah segala upaya kegiatan pencegahan dan pengobatan penyakit. Semua upaya dan kegiatan meningkatkan dan memulihkan kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan dalam mencapai masyarakat yang sehat. Rumah Sakit salah satu tempat dalam pelayanan kesehatan. ). Rumah sakit mempunyai sistem informasi managemen yang biasa disebut dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) dalam melaksanakan pelayanannya. SIMRS yang baik dibutuhkan untuk mencapai kepuasan dalam pelayanan di Rumah Sakit.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pengguna terhadap net benefit dan intensitas pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Metode Penelitian analisis kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Populasi dan sampel penelitia ini diambil secara probability sampling, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian kuisioner dengan skala likert. Analisa data kuantitatif menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Populasi penelitian ini adalah pengguna SIMRS di RSI Sultan Agung Semarang bagian Instalasi Rawat Inap MCEB, Instalasi Farmasi Rawat Inap, Rawat Jalan meliputi Tenaga Teknis Kefarmasian, Apoteker, Perawat, berjumlah 174 orang. Sampel diambil berdasarkan perhitungan rumus slovin yaitu sebanyak 122 responden dengan tekhnik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2023 dengan variable penelitian adalah kepuasan penggun, net benefit dan intensitas pengguna kepuasan pengguna dilihat dari kepuasan terhadap  sistem, kelengkapan informasi pada sistem dan layanan staff Information Technology (IT). Hasil Nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel, yaitu 3,89 >1,96. Kesimpulan kepuasan pengguna berpengaruh secara langsung tehadap intensitas pengguna dan net benefit Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkt

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

JURNAL KESEHATAN TAMBUSAI Adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian kesehatan yang terintegrasi dengan bidang kesehatan Jurnal ini berguna bagi tenaga kesehatan di dinas kesehatan, puskesmas, rumah sakit, mahasiswa kesehatan, tenaga pengajar bidang kesehatan lainnya pada umumnya. Jurnal ...