Perkembangan media pembelajaran pada saat ini semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi. Hal ini dapat dilihat dari munculnya berbagai inovasi media pembelajaran yang memudahkan para mahasiswa untuk dapat menjalani perkuliahan melalui platform pembelajaran yang berbasis online. Hal ini seperti yang dijalani oleh para mahasiswa UICI yang menggunakan media pembelajaran berupa AIDSTLS dan Sevima. AIDSTLS dan Sevima merupakan platform pembelajaran yang dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Kehadiran AIDSTLS dan Sevima membuat para mahasiswa dituntut untuk bisa beradaptasi menghadapi perbedaan cara mengakses bahan ajar, cara belajar, dan lain-lain. Hal ini juga membuat mereka harus siap untuk bisa menghadapi segala macam tantangan dan kesulitan yang bisa muncul saat menjalani proses perkuliahan dengan menggunakan media pembelajaran tersebut. Hal ini membuat pentingnya mahasiswa memiliki ketahanan akademik yang baik dalam proses belajarnya. Ketahanan akademik (academic hardiness) merujuk pada suatu kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap individu untuk dapat menghadapi berbagai macam kesulitan dan tantangan yang muncul saat menjalani proses akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan ketahanan akademik mahasiswa UICI yang menggunakan platform AIDSTLS dan Sevima. Subjek dalam Penelitian ini berjumlah 115 Mahasiswa UICI yang terdiri dari 47 mahasiswa yang menggunakan platform AIDSTLS dan 68 mahasiswa yang menggunakan platform Sevima. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala Revised Academic Hardiness dengan koefisien Cronbach’s Alpha (a=0,878). Analisis statistik yang digunakan adalah Independent Sample T-Test. Hasil dari analisis data menunjukkan nilai signifikansi p=0,057 (p>0,05). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada ketahanan akademik mahasiswa yang menggunakan platform AIDSTLS dan Sevima. Hal ini dapat dikarenakan ketahanan akademik pada mahasiswa dalam menjalani proses belajar tidak hanya dikarenakan media pembelajaran yang digunakan tetapi ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi hal tersebut.
Copyrights © 2024