Jurnal Bhakti Karya dan Inovatif
Vol 4 No 1 (2024): Jurnal Bhakti Karya dan Inovatif

Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Berekayasa dan Berteknologi Melalui Wawasan Software Development pada Peserta Didik SMP Negeri 7 Bandung

Budiman Budiman (Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Elia Setiana (Unknown)
Venia Restreva Danestiara (Unknown)
Valencia Claudia Jennifer Kaunang (Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Dirham Triyadi (Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Pentingnya wawasan software development atau pemrograman bagi peserta didik dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan peserta didik dalam berbagai aspek kehidupan. Tujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan peluang kepada peserta didik untuk berkontribusi dalam memajukan Indonesia melalui pengembangan perangkat lunak. Pemrograman melibatkan pemecahan masalah secara logis dan sistematis. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat adalah penjajakan dengan mitra, wawancara, kunjungan langsung untuk melakukan analisa sebagai bahan penyusunan program, koordinasi dengan mitra terkait program yang akan dijalankan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Setelah dilakukan pemaparan materi bentuk evaluasi kegiatan dilakukan dengan post-test, penyebaran pertanyaan sama dengan pertanyaan pada saat pre-test. Hasil Pos-test menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta pelatihan rata-rata sebesar 45,6%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BhaktiKaryadanInovatif

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Bhakti Karya dan Inovasi mencakup artikel pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu ekonomi manajemen dan akuntansi, sosial humaniora, sistem informasi, informatika, desain komunikasi visual, karya seni, dan ...