Outline Journal of Education
Vol. 3 No. 1: February 2024

Correlation of Family Learning Environment and Learning Motivation with Economics Learning Achievement of Class XI IPS Students at Sinar Husni High School

Tina Muhardika Handayani (Universitas Battuta)
Novia Novarini (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara lingkungan belajar dalam keluarga dan motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Sinar Husni T.P 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Lingkungan Belajar Dalam Keluarga dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Sinar Husni T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Sinar Husni T.P 2014/2015, yang terdiri dari hanya satu kelas dengan jumlah 37 orang. Sampel yang diambil adalah keseluruhan populasi sebanyak 37 orang. Pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi (DKN). Validitas dan reliabilitas angket ini diuji menggunakan menggunakan SPSS 16. Teknik analisis data menggunakan Pearson Correlation diproleh hasil r x1y > r tabel yaitu 0,813 > 0,325 dan r x2y > r tabel yaitu 0,835 > 0,325 dengan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Hasil korelasi ganda nilai R > r tabel yaitu 0,874 > 0,325, serta untuk X1 nilai t hitung > dari t tabel yaitu 3,841>1,687 dan untuk X2 t hitung > dari t tabel yaitu 3,841>1,687, serta F hitung > F tabel yaitu 34,770 > 4,12 yang artinya hipotesis ditterima dengan demikian terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Lingkungan Belajar Dalam Keluarga dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Sinar Husni T.P 2014/2015 diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

OJE

Publisher

Subject

Education Other

Description

Outline of Journal Education is a high quality open access peer reviewed research journal published by Outline Publisher. Outline of Journal Education provides a platform that welcomes and recognizes high quality empirical original research papers in education written by researchers, academics, ...