Journal of International Multidisciplinary Research
Vol. 1 No. 2 (2023): Desember 2023

Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Peta Konsep Pada Mata Pelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kelas Viii Di Mtsn  6 Agam

Ahmad Faiz (Unknown)
Martin Kustati (Unknown)
Gusmirawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tentang strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep pada mata pelajaran Fikih untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas VIII di MTsN 6 Agam. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar secara efektif dengan rata-rata nilai  post-test kelas eksperimen 84, sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 80,73. Dibuktikan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh rata-rata (mean) eksperimen sebesar=0,4541, maka diambil kesimpulan bahwa g  0,3. Hal ini berarti   ditolak  diterima, Artinya  terdapat pengaruh yang kuat untuk meningkatkan hasil belajar kelas yang menggunakan  strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep dibandingkan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTsN 6 Agam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jimr

Publisher

Subject

Other

Description

Journal of International Multidisciplinary Research is a scientific publication that aims to provide a broad platform for research, discussion, and deeper understanding across various disciplines. The journal welcomes contributions in all fields of science from various fields of study, including ...