Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tentang strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep pada mata pelajaran Fikih untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas VIII di MTsN 6 Agam. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar secara efektif dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 84, sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 80,73. Dibuktikan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh rata-rata (mean) eksperimen sebesar=0,4541, maka diambil kesimpulan bahwa g 0,3. Hal ini berarti ditolak diterima, Artinya terdapat pengaruh yang kuat untuk meningkatkan hasil belajar kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep dibandingkan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTsN 6 Agam.
Copyrights © 2023