MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Volume 6 Nomor 3 Tahun 2023

Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Menggunakan Metode Sinkronus & Asinkronus: Upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru

Intan Fandini (Universitas Sulawesi Barat)
Muhammad Ilham S (Universitas Sulawesi Barat)
Irmawati M (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2023

Abstract

Guru diharapkan meneliti dan menulis artikel ilmiah untuk kemajuan karir dan profesionalisme mereka. Masalah utamanya adalah kurangnya keterampilan guru sekolah dasar dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah melalui jurnal. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan pelatihan yang bertujuan untuk (1) memberikan panduan penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar, serta (2) memperkuat kemampuan guru dalam menulis dan menerbitkan artikel ilmiah melalui jurnal ilmiah guna meningkatkan profesionalisme mereka. Pelatihan ini menggunakan metode sinkronus dan asinkronus untuk mengakomodasi kebutuhan para guru. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di SDN No. 60 Inpres Lembang melibatkan 16 guru sekolah dasar. Materi pelatihan mencakup hakikat, jenis artikel, sistematika, langkah-langkah penulisan, dan persiapan publikasi di jurnal ilmiah. Evaluasi kegiatan ini menggunakan angket. Kegiatan ini berlangsung dari Juli hingga Agustus 2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas guru telah meningkatkan pemahaman mereka tentang teknik-teknik penulisan karya tulis ilmiah, termasuk sistematika penulisan, teknik penulisan judul artikel, dan teknik penulisan identitas penulis. Secara keseluruhan, pelatihan ini memberikan manfaat positif bagi guru dalam meningkatkan pemahaman tentang karya tulis ilmiah dan teknik penulisan, dan mayoritas guru merasa bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan keprofesian mereka teknik penulisan judul artikel, dan teknik penulisan identitas penulis. Secara keseluruhan, pelatihan ini memberikan manfaat positif bagi guru dalam meningkatkan pemahaman tentang karya tulis ilmiah dan teknik penulisan, dan mayoritas guru merasa bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan keprofesian mereka teknik penulisan judul artikel, dan teknik penulisan identitas penulis. Secara keseluruhan, pelatihan ini memberikan manfaat positif bagi guru dalam meningkatkan pemahaman tentang karya tulis ilmiah dan teknik penulisan, dan mayoritas guru merasa bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat untuk pengembangan keprofesian mereka

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matappa

Publisher

Subject

Education

Description

MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal ABDIMAS yang dikelola dengan proses peer review, dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa memiliki e-ISSN: 2614-6673 dan p-ISSN: 2615-5273. menerbitkan artikel pengabdian pada masyarakat dengan bidang pendidikan, pengembangan sumber daya ...