Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 10 No. 1 (2024)

Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII

Wahyu Azam Nur (Universitas Negeri Semarang)
Haryadi Haryadi (Universitas Negeri Semarang)
Agus Nuryatin (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

pada siswa di SMP Negeri 3 Blado. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian ini agar dapat diketahui pengaruh penerapan model think pair share yang didukung media audiovisual pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Blado terhadap keterampilan menulis teks ulasan.Metode penelitian eksperimen digunakan dalam penelitian ini dengan jenis eksperimen semu. Hasil pretest mendapatkan rata-rata nilai sebesar 50,23 (kurang) telah terjadi perubahan peningkatan yang signifikan sebesar 28,39 pada posttest mendapat rata-rata nilai sebesar 78,62 (baik). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks ulasan siswa terdapat pengaruh setelah penggunaan model think pair share dan didukung media audiovisual

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...