Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 10 No. 1 (2024)

Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Bahasa Komunikasi Anak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia

Nur Wahyuni Waafyah (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Nanang Khoirul Umam (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Pembelajaran dan pemahaman bahasa dapat dipenaruhi oleh kemajuan masyarakat, yang dibentuk oleh penemuan-penemuan ilmiah dan teknologi terbaru. Berkat kemajuan teknologi seluler dan internet, penggunaan media sosial telah meroket. Oleh karena itu dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dalam bahasa komunikasi anak dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 3 SD Muhammadiyah 1 Dukun, Gresik Tahun ajaran 2023/2024. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil di bulan Desember 2023. Penelitian yang dilakukan termasuk kedalam penelitian kuantitatf dengan menggunakan instrumen berupa angket pengaruh media sosial terhadap komunikasi anak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif. Dalam penelitian ini ditemukan jika penggunaan bahasa viral di kalangan anak-anak sekolah dasar berawal dari media sosial. Penggunaan bahasa komunikasi anak-anak dalam percakapan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh bahasa yang menjadi viral di media sosial. Oleh karena itu, diperlukan pengawasan para orang tua dan guru untuk mengawasi pergaulan dan penggunaan media sosial anak-anak mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...