Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains
Vol 1 No 1 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains

PENGARUH METODE RECIPROCAL TEACHING DAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI TRIGONOMETRI : KELAS X SMA AL WASHLIYAH TANJUNG MORAWA TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Anita Deska Sari (Mahasiswa UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reciprocal teaching dan metode quantum teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan pemahaman konsep materi trigonometri kelas X SMA Al Washliyah Tanjung Morawa Tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikan metode reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi trigonometri 2) Terdapat pengaruh signifikan metode quantum teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi trigonometri. Kata-Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Quantum Teaching, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...