JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 7 No. 1 (2023)

Pengaruh Sarana Prasarana Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022

Wayan Subadre (Unknown)
A Wahab Jufri (Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.)
I Wayan Karta (Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan pengaruh sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menemukan perbedaan mutu pendidikan di SMP Negeri Kabupaten Lombok Utara yang memiliki perbedaan sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian kausal komparatif. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 270 orang guru ASN yang tersebar di 16 SMP Negeri Kabupaten Lombok Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling pada tiap sub populasi dan sampel ditentukan secara random. Sampel pada penelitian ini berjumlah 160 orang guru. Uji hipotesis menggunakan Analisys of Varians (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sarana prasarana tergolong cukup (69,04%); 2) Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tergolong cukup (68,51%); 3) Mutu pendidikan tergolong baik (81,04%); 4) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan (p ≤ 0,005); 5) Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan (p ≤ 0,005); dan 6) Tidak terdapat pengaruh interaksi sarana prasarana dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran terhadap peningkatan mutu pendidikan (p > 0,005).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan) (p-ISSN: 2548-6233; e-ISSN: 2548-6241) is a peer-reviewed journal published since 2016 by the Postgraduate University of Mataram. The Journal of Educational Administration Practitioners is an integrated media for continuous communication with important ...