Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 6 (2022): November 2022

Peningkatan Membaca Permulaan melalui Pendekatan Individual dan Teknik Menyalin Menggunakan Media Khusus

Asnan (SLB Negeri 033 Tembilahan, Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: faktor persiapan pembelajaran keterampilan membaca permulaan melalui pendekatan individual dan teknik menyalin melalui media khusus dan bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui pendekatan individual dan teknik menyalin melalui media khusus. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas 6 SLB Negeri 033 Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau pada semester ganjil 2022/2023. Subjek peneltian tindakan kelas ini adalah 5 siswa tunagrahita yang belum dapat membaca kata dasar walau untuk dua suku kata berpola. Selain itu, ada juga siswa yang belum mengenal huruf vokal-konsonan. Instrumen penelitian adalah tes unjuk kerja berisi 5 kosa kata dasar suku terbuka yang hanya memat vokal /a, u, i/ dan konsonan /m, d, t, k/. Instrumen lain adalah RPP dan lembaran kertas HVS 70gsm yang dilapisi kertas kardus yang berfunsi sebagai media untuk siswa berlatih menyalin huruf untuk pencapaian tujuan pengenal huruf sebagai dasar untuk penerapan metode eja. Data keterampilan membaca permulaan dianalisis menggunakan statistik deskriptif sedangkan data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Hanya 2 orang yang diyakini dapat membaca permulaan walaupun pembelajaran dalam rangka penelitian tindakan kelas dilaksanakan sampai dengan siklus ketiga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...