Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar, mendeskripsikan prosedur penyusunan tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar untuk kelas VII SMP/MTs, dan mendeskripsikan profil tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar untuk kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini berlangsung di pertengahan semester ganjil 2022/2023. Penelitian ini menggunakan narasumber untuk mengumpulkan dan menganalisis data filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar. Untuk menganalisis data validitas konstruk digunakan sampel sebesar 53 siswa kelas VII SMP/MTs. Jumlah ini berasal dari anggota populasi sejumlah 60 siswa yang terbagi dari 26 siswa SMP Negeri Kartika Pekabaru dan 34 siswa MTs Negeri 1 Pekanbaru. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi dan tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar. Data filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar dikumpulkan da dianalisis secara tematik sedangkan data tes dianalisis secara statistik deskriptif. Temuan penelitian mencakup: 1) rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar memiliki filosofi dari perspektif bentuk bangunan, tata ruang, dan ragam hias; 2) prosedur utama penyusunan tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar adalah spesifikasi tes; 3) sebagai teknik pembelajaran, tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar layak digunakan karena memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk.
Copyrights © 2023