Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 2 No. 1 (2023): Januari 2023

Filosofi Rumah Lontiok dan Pemanfaatan Penyusunan Tes Keterampilan Membaca Teks Naratif sebagai Teknik Pembelajaran

Zulhaini Zulhaini (Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Riau)
Hasnah Faizah (Universitas Riau)
Elmustian Elmustian (Universitas Riau)
Syafrial Syafrial (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar, mendeskripsikan prosedur penyusunan tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar untuk kelas VII SMP/MTs, dan mendeskripsikan profil tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar untuk kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini berlangsung di pertengahan semester ganjil 2022/2023. Penelitian ini menggunakan narasumber untuk mengumpulkan dan menganalisis data filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar. Untuk menganalisis data validitas konstruk digunakan sampel sebesar 53 siswa kelas VII SMP/MTs. Jumlah ini berasal dari anggota populasi sejumlah 60 siswa yang terbagi dari 26 siswa SMP Negeri Kartika Pekabaru dan 34 siswa MTs Negeri 1 Pekanbaru. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi dan tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar. Data filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar dikumpulkan da dianalisis secara tematik sedangkan data tes dianalisis secara statistik deskriptif. Temuan penelitian mencakup: 1) rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar memiliki filosofi dari perspektif bentuk bangunan, tata ruang, dan ragam hias; 2) prosedur utama penyusunan tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar adalah spesifikasi tes; 3) sebagai teknik pembelajaran, tes keterampilan membaca berbasis filosofi rumah adat Lontiak di Kabupaten Kampar layak digunakan karena memenuhi syarat validitas isi dan validitas konstruk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...