Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM)
Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM)

LAYANAN ONLINE FOOD DELIVERY DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA MIKRO

Handira Nurul Az-zahra (Universitas Padjadjaran)
Vadilla Aries Tantya (Universitas Padjadjaran)
Nurliana Cipta Apsari (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Layanan online food delivery adalah sebuah sarana yang menghubungkan konsumen dengan usaha kuliner secara daring yang menghubungkan restoran dengan konsumen. Online food delivery service dapat dikatakan sebagai salah satu strategi pemasaran secara digital yang dilakukan pelaku usaha kuliner. Jumlah pelaku usaha yang melakukan pemasaran dengan cara ini menjadikannya sebuah tren baru. Di Indonesia sendiri, terdapat dua aplikasi yang paling popular untuk layanan online food delivery yaitu Gojek dengan Go Food dan Grab dengan Grab Food. Tren aplikasi layanan online food delivery dapat membantu UMKM dalam memasarkan serta mempromosikan produknya. Selain itu, aplikasi online food delivery seperti Grab dan Gojek juga berperan dalam mengarahkan produk UMKM langsung pada konsumen. Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana layanan online food delivery dapat mempengaruhi peningkatan penjualan bagi UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan online food delivery dapat membantu meningkatkan penjualan UMKM karena pelaku bisnis kuliner tidak perlu menyediakan biaya besar dalam pengadaan layanan pesan atar sendiri. Bahkan dengan adanya aplikasi sejenis ini, UMKM tidak perlu memiliki toko dalam bentuk fisik sebagai tempat bisnis usaha, pelaku bisnis dapat memasarkan menu melalui aplikasi ini dan menghadirkan makanan di tempat konsumen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (JPPM) adalah publikasi ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan mengenai bidang praktik pekerjaan sosial, keilmuan kesejahteraan sosial, metode pekerjaan sosial, masalah-masalah sosial dan masalah kesejahteraan sosial, ...