Student Journal of Early Childhood Education
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2 Nomor 2 September 2022

Pengaruh Media Bermain Pasir Ajaib Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di TK Amanah

Siswinda Bakari (Universitas Negeri Gorontalo)
Irvin Novita Arifin (Universitas Negeri Gorontalo)
Nunung Suryana Jamin (Universitas Negeri Gorontalo)
Tanjung Niasari (Universitas Sulawesi Tenggara)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media bermain pasir ajaib dapat mempengaruhi keterampilan sosial anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (one group pretest-posttest design). Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel 25 anak menunjukkan adanya peningkatan besaran rata-rata yang dapat dilihat pada data pretest memperoleh nilai rata-rata 24.96, sedangkan pada data posttest memperoleh nilai rata-rata 47.84. Sasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan output Tes Statistics, diketahui sig.n (2-tailed) bernilai 0.000. Oleh Karena nilai 0.000 ≤ 0.05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian, hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat Pengaruh Media Bermain Pasir Ajaib Terhadap Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Amanah Desa Linawan Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Kata kunci: Media Bermain Pasir, Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SJECE

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Student Journal of Early Childhood Education focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligence, and pedagogies to publish novel and relevant articles. This journal is published twice a year; March and September. This journal is published by ...