INVESTI: Jurnal Ivestasi Islam
Vol. 1 No. 1 (2020): Investi

IMPLEMENTASI PENDISTRIBUSIAN DANA ZIS PADA BANTUAN TERNAK BERGULIR DIBAZNAS PAMEKASAN PERSPEKTIF MAQASID AS-SYARIAH (STUDI KASUS DI BAZNAS PAMEKASAN)

Azis Ashari (Institut Agama Islam Al Khairat Pamekasan)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2020

Abstract

Zakat Infaq dan Sodaqoh merupakan bagian dari ajaran syariat. Nabi Muhammad SAW telah mempraktikkan bagaimana implementasi dari ayat-ayat al- Qur’an tentang zakat, infaq dan sodaqah. Didalam al-Qur’an tidak dijelaskan secara rinci bagaimana praktik pelaksanaannya, Nabi SAW dan para sahabatnya mempraktikkannya sesuai dengan situasi dan kondisin dimasa itu. Islam sendiri telah berkembang ke seantero dunia dan mendapatkan situasi dan kondisi yang berbeda dari situasi dan kondisi dimana ia muncul. Islam menghadapi budaya, adat istiadat dan tradisi yang berbeda, sehingga Implementasi ajaran Islam terutama yang bersifat ijtihadi perlu diterapkan sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat setempat. Penerapan itu harus sesuai dengan maqasid asy-syariah. Diantara implementasi ajaran Islam yang dapat berkembang adalah penerapan pendistribusian Zakat, Infaq dan Sodaqah (ZIS) melalui program pemberdayaan. BAZNAS Pamekasan mengimplementasikan pendistribusian ZIS melalui program bantuan ternak bergulir di.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

investi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Islamic Investment Journal (INVESTI) is a scientific journal in the field of economics and banking that is published twice a year. The manuscript was published in the form of a scientific work relating to: 1) Scientific research in the fields of economics, banking and non-bank finance. 2) ...