Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. Kesadaran untuk membangun relasi menjadi hal mendasar dalam kehidupan pedagang, dengan menyiratkan hubungan sebagai bagian terpenting dari kehidupan personalnya. Pedagang memiliki tantangan pribadi untuk dapat mendinamisasi tempat kerja, bahkan ketika sikap hati-hati muncul pada situasi tertentu, tidak akan membuat hubungan dengan orang lain menjadi buruk. Upaya inilah disebut dengan perilaku asertif yang dilakukan dengan mengandalkan segala kemampuannya, dan mengendalikan sikap maupun perilaku dalam memposisikan diri di lingkungan sosialnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (FieldResearch). Melalui pendekatan metode deskriptif-kualitatif, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi peran pasar tradisional dalam pengembangan usaha dimasa pandemi covid 19. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Copyrights © 2021