Tren masa milenial saat ini merupakan era di mana kegiatan antarnegara kini seakan tidak memiliki batas karena semua manusia terintegrasi. Apalagi setelah bangkitnya era digital, semua orang bisa dengan mudah melakukan apa saja dengan ponselnya, termasuk memfasilitasi jual beli. Pasar tradisional menyimpan peluang besar untuk mempercepat transaksi digital. Tulisan ini merupakan hasil penelitian survei yang mana responden yakni pedagang di pasar tradisional mengaku meskipun menyadari peluang besar transaksi digital, mereka masih belum bisa memanfaatkannya dengan maksimal dengan sejumlah keterbatasan. Era digital membuka pintu perdagangan antarnegara, antarwilayah yang selama ini belum terkoneksi dengan optimal. Selain itu juga dimasa pandemi banyak kesulitan didalam pemasaran produk tersebut. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa transaksi digital mulai dikenalkan pada pedagang pasar tradisional meskipun dampaknya masih belum terukur secara kuantitatif.
Copyrights © 2022