INVESTI: Jurnal Ivestasi Islam
Vol. 3 No. 2 (2022): Investi

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM BIDANG MANAJEMEN PEMASARAN SYARIAH UNTUK MENINGKATKAN BISNIS JAJANAN RUMAHAN DI DESA SOKOBANAH DAYA KECAMATAN SOKOBANAH KABUPATEN SAMPANG

Mohammad Assuri (Institut Agama Islam Nazhatut Tullab Sampang Madura)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding (pengenalan merek) yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. Khan & siddiqui dalam jurnalnya yang dikutip dari purwana es dkk, bahwa konsep digital marketing berasal dari internet dan mesin pencari (search engines) pada situs. Ketika puncak penggunaan internet di tahun 2001, pasar didominasi oleh google dan yahoo sebagai search engine optimization (SEO). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, subjek penelitian ialah para produsen jajanan rumahan di Desa Sokobanah daya Kecamatan Sokobanah, berjumlah 5 orang yang telah ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis yakni melalui langkah-langkah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemasaran syariah adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang menhgarahkan proses penciptaan, penawaran, dan perubahan value dari satu inisiator kepada stakeholders nya yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah (bisnis) dalam islam. Ini artinya bahwa dalam syariah marketing seluruh proses, baik proses penciptaan, proses penawaran, maupun proses perubahan nilai (value) tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah yang Islami.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

investi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Islamic Investment Journal (INVESTI) is a scientific journal in the field of economics and banking that is published twice a year. The manuscript was published in the form of a scientific work relating to: 1) Scientific research in the fields of economics, banking and non-bank finance. 2) ...