INVESTI: Jurnal Investasi Islam
Vol. 4 No. 1 (2023): Investi

PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK AQUA

Risca Dwiaryanti (Institut Agama Islam Al Khairat Pamekasan)
Nurul Maulidiyah (Institut Agama Islam Al Khairat Pamekasan)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2023

Abstract

Melihat kondisi persaingan penjualan dari suatu produk saat ini, peran merek dagang atau brand menjadi sesuatu yang sangat penting. Merek produk air minum di Indonesia saat ini sudah mulai banyak bermunculan, sehingga tantangan dan persaingan untuk para produsen air minum dalam kemasan semakin hari semakin ketat. Hingga saat ini di Indonesia sudah tercatat kurang lebih 500 perusahaan industri air minum dalam kemasan. Salah satunya merek yang paling sering digunakan adalah “Aqua”. Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama adalah pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek “Aqua” di Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek “Aqua” di Pamekasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah brand equity memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah dari hasil observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik menggunakan rumus r product moment.Dari hasil penelitian ini Ada pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek “Aqua” di daerah Pamekasan. Hal ini terbukti dari hasil analisis data bahwa nilai r hitung sebesar 0,802 lebih besar dari pada nilai r tabel product moment yang sebesar 0.279 dalam taraf signifikan 5% dan diperoleh nilai sebesar 0.361 dalam taraf signifikansi 1%.Berdasarkan hasil interpretasi data, tingkat pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek “Aqua” di daerah Pamekasan berada pada tingkat sangat tinggi, karena r hitung sebesar 0,802 berada pada rentetan angka antara 0,800 – 0,1000 dengan intrpretasi angka sangat tinggi. Dengan demikian pengaruh Brand Equity terhadap keputusan pembelian sangat tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

investi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Islamic Investment Journal (INVESTI) is a scientific journal in the field of economics and banking that is published twice a year. The manuscript was published in the form of a scientific work relating to: 1) Scientific research in the fields of economics, banking and non-bank finance. 2) ...