INVESTI: Jurnal Ivestasi Islam
Vol. 4 No. 2 (2023): Investi

UPAYA PEMASARAN PRODUK RAHN UNTUK MENJAGA PANGSA PASAR (STUDI PADA BMT-UGT SIDOGIRI DI KECAMATAN PEGANTENAN)

Mat Bahri (Institut Agama Islam Al Khairat Pamekasan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Salah satu faktor yang sangat penting bagi perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Unruk menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat, menuntut setiap perusahaan meningkatkan strategi pemasaran kepada semua konsumen. Begitu juga dengan perusahaan jasa maupun produk, semua berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas yang ada di tiap perusahaan baik jasa maupun produk semakin meningkat dan menjadi lebih baik lagi. Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah-langkah yang secara berurutan dari awal sampai akhir dalam proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung, sehingga dengan adanya strategi pemasaran produk-produk BMT ini diharapkan segala keinginan dan kebutuhan masyarakat maupun pelanggan dapat terpenuhi dengan baik dan terorganisir dengan baik pula. Tujuan dari peneliti Ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk rahn. Agar semua kalangan masyarakat dapat mengetahui produk rahn yang dimiliki oleh BMT UGT-Sidogiri dan juga kelemahan dan keunggulan produk rahn yang dimiliki. Tipe penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi pustaka, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Strategi pemasaran yang di pakai adalah metode bauran pemasaran. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang di lakukan BMT UGT-Sidogiri apakah sudah memenuhi syaret dan sudah dimengerti oleh konsumen agar dapat meningkatkan volume penjualan yang dimiliki oleh BMT UGT-Sidogiri. Juga dapat membentu konsumen apabila mereka ingin meningkatkan atau memperluas usaha mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

investi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Islamic Investment Journal (INVESTI) is a scientific journal in the field of economics and banking that is published twice a year. The manuscript was published in the form of a scientific work relating to: 1) Scientific research in the fields of economics, banking and non-bank finance. 2) ...