Jurnal Pengabdian UMKM
Vol. 2 No. 1 (2023): Januari

PENDAMPINGAN BRAND POSITIONING UMKM CIRENG BU SUKARNI DESA PASIR LOR KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Kharin Anggraheni Putri (Universitas Jenderal Soedirman)
Ratih Wijayanti (Universitas Jenderal Soedirman)
Yunita Tri Hardini (Universitas Jenderal Soedirman)
Refius Pradipta (Universitas Jenderal Soedirman)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Usaha untuk mengembangkan UMKM di Indonesia merupakan salah satu aspek yang menjadi perhatian pemerintah dalam pembangunan ekonomi Pendampingan UMKM oleh mahasiswa meupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat. Dari survei yang sudah dilakukan, ditemukan beberapa permasalahan yang dihadapi masyarakat di Desa Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas seperti belum dapat menerapkan strategi branding dalam proses penjualan produk dan belum mampu mengikuti tren digital branding. Hal ini menunjukkan pengelolaan usaha konvensional oleh Pelaku usaha UMKM perlu dibekali ilmu dan sosialisasi mengenai manajemen yang baik dalam mengelola usaha. Terdapatnya beberapa kelemahan dalam pengelolaan oleh pelaku usaha UMKM di desa Pasir Lor dikarenakan kurangnya edukasi dalam pembekalan ilmu serta produk. Pendampingan UMKM ini dilakukan agar pelaku usaha memahami bagaimana menghasilkan produk berkualitas dan dapat dipastikan hygienis serta pemilik UMKM memiliki sistem manajemen yang baik dalam mengelola bisnisnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JPU : Jurnal Pengabdian UMKM, diterbitkan oleh Pusat Studi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah- Universitas Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian UMKM terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan bulan Juli yang membahas praktik dan proses Pengabdian kepada Masyarakat khususnya bagi pengembangan ...