Sciening : Science Learning Journal
Vol. 4 No. 2: Desember 2023

Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Kampus pada Mata Kuliah Ilmu Lingkungan

Ester Caroline Wowor (Universitas Negeri Manado)
Widya Anjelia Tumewu (Universitas Negeri Manado)
Milan Kisi Rogahang (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan memanfaatkan lingkungan sekitar kampus dan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan dengan perhitungan skala likert. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Ilmu Lingkungan di Jurusan Pendidikan IPA semester genap tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PjBL dengan tahap-tahap yag telah dilakukan memberikan pengaruh positif terhadap respon mahasiswa. Mahasiswa merasa sangat setuju dengan pernyataan bahwa Project Based Learning (PjBL) menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, dapat memberi motivasi untuk lebih aktif, membuat mahasiswa lebih kreatif, membuat materi pembelajaran menjadi lebih nyata, membuat materi lebih mudah dipahami, mendorong mahasiswa untuk bekerja sama dengan kelompok, membuat pembelajaran tidak terasa bosan, memberikan pengalaman berharga dalam belajar. Mahasiswa setuju dengan PjBL yang bisa menciptakan rasa semangat dalam menyelesaikan tugas. Mahasiswa sangat setuju bahwa model pembelajaran PjBL ini sangat cocok diterapkan pada mata kuliah ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...