MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 13, No 2 (2023): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

PROGRAM CUSTOMER RELATIONS PT DIPO STAR FINANCE DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN ”PASCA KRISIS PANDEMI COVID-19 DI PERUSAHAAN”

Ulfie Bavarianti Marla (Mercu Buana University)
Juwono Tri Atmodjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, perkembangan dunia bisnis sangat cepat dan membuat beberapa perusahaan harus bekerja lebih keras agar eksistensinya tetap diakui. Terkait program customer relations, PT Dipo Star Finance berfokus pada seberapa dekat hubungan dengan pelanggan yang ditentukan oleh pelayanan yang diberikan perusahaan. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan sebuah usaha untuk menyediakan jembatan strategis antara teknologi informasi dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan serta profitabilitas jangka panjang. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Subjek penelitian dalam hal ini adalah key informan (narasumber). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data mulai dari tahap mereduksi data, mengambil kesimpulan, dan membuat lembar rangkuman. Program customer relations yang dijalankan yaitu dengan menjalin hubungan baik dengan pelanggan secara terus menerus dan memperluas wawasan tentang produk dan layanan. Lalu memberikan value dalam bentuk solusi yang menjawab seluruh kebutuhan pelanggan. Terakhir menindaklanjuti dan menyelesaikan kebutuhan pelanggan secara cepat dan tepat. Adapun keterkaitan teori oleh Istambul M. R dalam peranan Customer Relationship Management dalam meningkatkan pelayanan pelanggan oleh perusahaan bahwa CRM adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah organisasi. Program customer relations PT Dipo Star Finance dalam membangun hubungan dengan pelanggan telah dijalankan sesuai dengan panduan dan arahan yang mengacu pada SOP (Standars Operating Procedure) dalam melayani pelanggan dan memenuhi kebutuhan transaksi dengan para pelanggan. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...