Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1: May 2015

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN EQ DAN SQ SISWA SMP AKSELERASI

Yhasinta Agustyarini (MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya)
Jailani Jailani (Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan kontekstual dan metode penemuan terbimbing serta mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan bahan ajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahap utama meliputi: (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi, (4) uji coba, evaluasi dan revisi, serta (5) implementasi. Aspek kevalidan bahan ajar dan komponen pendukungnya ditinjau dari penilaian para ahli dan mencapai kriteria valid dengan kategori sangat baik. Aspek kepraktisan mencapai kriteria praktis dengan kategori sangat baik ditinjau dari observasi keterlaksanaan pembelajaran, penilaian oleh guru, dan penilaian oleh peserta didik. Aspek keefektifan telah tercapai ditinjau dari tes ketercapaian kompetensi, angket EQ dan SQ peserta didik. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa lebih dari 80% peserta didik telah mencapai KKM dan persentase banyak peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran mengalami peningkatan pada kategori  minimal tinggi dan minimal sangat tinggi untuk angket EQ dan SQ. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar matematika dan komponen pendukungnya, meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan modul matematika yang valid, praktis, dan efektif, serta tes ketercapaian kompetensi (TKK) yang valid, praktis, dan reliabel. Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, pendekatan kontekstual, penemuan terbimbing, EQ, SQ, akselerasi  DEVELOPING MATHEMATICS INSTRUCTIONAL MATERIAL USINGCONTEXTUAL APPROACH AND GUIDED INQUIRY METHOD TO INCREASE EQ AND SQ OF ACCELERATION STUDENTS IN JUNIOR HIGH SCHOOL Abstract This research is aimed to describe steps of developing mathematics instructional material using contextual approach and guided inquiry method and describe the quality of the developed product. This research is a developmental research with the main steps cover (1) preliminary investigation, (2) design, (3) realization/construction, (4) test, evaluation, and revision, and (5) implementation. The result of validation by expert jugdement shows that the instructional material that is developed is of valid criteria of very good category. The aspects of practicality was of practice criteria of very good category as seen from the implementation of the learning, evaluation by the teachers, and evaluation by the students. The aspect of effectiveness could be reached from the students’ achievement and EQ and SQ questionnaire. The result of the test shows that more than 80% of the student achieve the minimum score and percentage many of students who are at a high minimum and very high minimum category increase on EQ and SQ questionnaire. The research produced mathematics instructional material and supporting components, consisting of valid, practical, and effective syllabuses, lesson plans, mathematics module, and the valid, practical, and reliable of test. Keywords: development, instructional material, contextual approach, guided inquiry, EQ, SQ, acceleration

Copyrights © 2015