Jurnal Riset Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2: November 2015

Pengaruh pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual

Nur Choiro Siregar (Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta)
Marsigit Marsigit (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, dan kecerdasan emosional spiritual siswa SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu.Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar, tes kemampuan penalaran, dan angket kecerdasan emosional spiritual. Data dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (Manova) dan Analysis of Variance (Anova). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, dan kemampuan penalaran siswa. Berdasarkan analisis, pembelajaran segiempat dan segitiga dengan pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi lebih unggul daripada pembelajaran biasa dalam hal prestasi belajar dan kemampuan penalaran. Sebaliknya, dalam hal kecerdasan emosional spiritual siswa, pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi tidak memberi pengaruh dan tidak lebih unggul daripada pembelajaran biasa.Kata Kunci: discovery, menekankan aspek analogi, prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual The Effect of Discovery Approach Emphasing on the Analogy Aspect on Achievement, Reasoning Ability, Emotional Spiritual IntelligenceAbstractThis study aims to investigate the effect of quadrilateral and triangle teaching using the disco-very approach emphasing on the analogy aspect on achievement, reasoning ability, and emotional spiritual intelligenceof Grade VII students of SMPN 9 Yogyakarta. This study was a quasi-experimen-tal study. The instruments of the study were an achievement test, reasoning ability test, and emotional spiritual intelligence questionnaire. The data wereanalyzed using the Multivariate Analysis of Variance (Manova) and Analysis of Variance(Anova) tests. The results of the study are as follows. There is aneffect of quadrilateral and triangle teaching using the discovery approach emphasing on the analogy aspect on students’ achievement and reasoning ability.There is noeffect of the students’spiritual emotional intelligence on the discovery approach emphasing on the analogy aspect. The discovery approach is not superior to the conventional approach.Keywords: discovery, emphasing on the analogy aspect, achievement, reasoning ability, spiritual and emotional intelligence

Copyrights © 2015