Jurnal PGSD Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal PGSD Indonesia

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PENJASORKES PADA KELAS IV DI SD N SURYODININGRATAN I YOGYAKARTA

Dwi Lestariningsih (Universitas PGRI Yogyakarta)
Ari Wibowo (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter nilaidisiplin dan tanggung jawab dalam mata pelajaran Penjasorkes, peran guru penjasorkes dalampelaksanaan pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab, dan mengetahui faktorpenghambat pelaksanaan pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab dalam mata pelajaranPenjasorkes pada kelas IV di SD N Suryodiningratan I Yogyakarta.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juni 2017 di SD N Suryodiningratan IYogyakarta. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif fenomenologis naturalistik. Teknikpengumpulan data yang digunakan peneliti berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi, dancatatan lapangan. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisisdeskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dantriangulasi sumber. Wawancara dilakukan pada guru penjasorkes, kepala sekolah, dan siswa kelasIVdengan tujuan untuk mendapat data berupa implementasi pendidikan karakter nilai disiplin dantanggung jawab dalam mata pelajaran penjasorkes pada kelas IV di SD N Suryodiningratan IYogyakarta.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi nilai disiplin pada perencanaan berupaRPP berkarakter dan adanya format observasi afektif. Pada pelaksanaan pembelajaran nilai disiplinberupa disiplin waktu, disiplin menegakkan aturan, disiplin menjalankan ibadah, dan disiplinmengontrol perilaku. Nilai tanggung jawab berupa berani menanggung risiko atas tindakan danucapan, memenuhi kewajiban diri, dan mengemban kepercayaan orang lain atau dapat dipercaya.Pada evaluasi berupa nilai sikap, psikomotor, kognitif, dan “flash back”.Peran guru yaitumenggunakan berbagai strategi penanaman, memenuhi tanggung jawab sebagai guru, guru sebagaiteladan, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, dan guru sebagai evaluator. Faktorpenghambat pelaksanaan nilai disiplin dan tanggung jawab, yaitu dari diri siswa dan keluarga atauorang tua dengan upaya mengatasi melalui pendekatan guru dengan siswa, kerjasama guru denganwali kelas, dukungan kepala sekolah, serta kejasama dan komunikasi sekolah dan orangtua.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal PGSD Indonesia bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui artikel penelitian ilmiah yang dilaksanakan oleh mahasiswa, dosen, dan peneliti melalui kajian dari artikel review (meta analisis) sebagai upaya memperkaya ilmu pengetahuan di bidang ...