SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga
Vol. 4 No. 3 (2023): SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga

Upaya Meningkatkan Kecepatan Renang 100 Meter Gaya Bebas Dengan Metode Side Kick Drill

Totong Umar (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia)
Pipit Fitria Yulianto (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia)
Kodrad Budiyono (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia)
Dwi Gunadi (Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan yang dilihat dari kecepatan renang 100 meter gaya bebas di UKM renang UTP Surakarta. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta UKM renang UTP yang berjumlah 20 atlet di UKM renang UTP. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada Atlet UKM renang UTP, terjadi peningkatan kemampuan renang 100 meter gaya bebas. Data menunjukkan pada pra siklus menunjukkan hanya 10% atlet UKM renang yang memiliki kemampuan pada kategori baik, di meningkat pada siklus 2 yaitu sebesar 35 % atlet pada kemampuan baik dan meningkat pada siklus 2 menjadi 75% pada kategori baik. Data tersebut menunjukkan bahwa pelatihan side kick drill yang dilaksanakan dengan benar dapat meningkatkan kemampuan khususnya kecepatan berenang pada atlet UKM Renang UTP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sprinter

Publisher

Subject

Physics Other

Description

SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga merupakan jurnal penelitian, kajian pustaka, dan review pada bidang pendidikan olahraga, ilmu olahraga, kepelatihan olahraga, dan pariwisata ...