JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi)
Vol. 9 No. 6 (2023): Desember 2023

Analisis Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Di Pasar Padang Luar

sri kemala (itbhas Bukittinggi)
Diah permata (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)
Almasdi (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)
Jennisa Dwina Indriani (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)
Haza Nurul Muslimah (Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja di pasar Padang Luar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Populasi dan sampel seluruh konsumen yang sudah melakukan pembelian pada pasar Padang Luar yang jumlahnya tidak diketahui dengan pasti (tak terhingga). Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling yaitu mengambil sampel secara acak dari populasi yang telah ditentukan dengan jumlah 120 responden yang merupakan konsumen yang berbelanja di pasar Padang Luar. Alat uji analisis yang digunakan adalah SmartPLS 3.0 dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor sosial dan faktor psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan faktor budaya dan faktor pribadi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) is an electronic independent international scientific and academic journal that aims to publish scholars’ original and high-quality manuscripts and reports in all fields of business. JEMSI adheres to an open access policy to accelerate the ...