JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi)
Vol. 10 No. 1 (2024): Februari 2024

Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan (Survei Pada Pemerintah Desa Se-Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo)

Landris S. Mula (Universitas Negeri Gorontalo)
Mattoasi (Universitas Negeri Gorontalo)
Usman (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Komitmen Organisasi terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa Se-Kecamatan Boliyohuto berjumlah 130 orang aparat. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 107 aparat desa. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Analisis data statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah non-parametris dengan Partial Least Squares - Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan aplikasi software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan dan Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan. Dilihat dari nilai R Square sebesar 0,712 yang berarti bahwa Kompetensi Sumber Daya Manusia (X1) dan Komitmen Organisasi (X2) berpengaruh terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan (Y) sebesar 71,2% dan sisanya sebesar 28,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jemsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) is an electronic independent international scientific and academic journal that aims to publish scholars’ original and high-quality manuscripts and reports in all fields of business. JEMSI adheres to an open access policy to accelerate the ...