Indonesian Journal of Political Studies
Vol. 3 No. 2 (2023): October

Model Komunikasi Reses Anggota DPRD dalam Menyerap Aspirasi Masyarakat di Kabupaten Bangkalan : (Studi berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Anggota DPRD)

Holilah, Holilah (Unknown)
Ismail, Muchammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Kegiatan reses yang dilakukan oleh anggota dewan merupakan salah satu medium dalam melakukan komunikasi politik untuk menyerap aspirasi konstituen. Latar belakang pendidikan anggota dewan menjadi salah satu aspek penting yang ikut menentukan model komunikasi yang digunakan saat reses sehingga terwujud komunikasi yang efektif dan partisipatif. Studi ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan model komunikasi yang digunakan anggota dewan yang berpendidikan sarjana dengan bukan sarjana di Kabupaten Bangkalan serta apakah ada kendala komunikasi yang melingkupi. Studi ini merupakan penelitian lapangan (fild reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Informan berjumlah 10 orang terdiri dari anggota DPRD sarjana dan bukan sarjana, masyarakat, tokoh partai, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan. Dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil studi menunjukkan bahwa model komunikasi reses yang digunakan oleh anggota DPRD yang berpendidikan sarjana dan bukan sarjana tidak ada perbedaan yang signifikan. Model komunikasi cenderung dua arah pada waktu reses. Sedangkan kendala yang dihadapi ialah minimnya perempuan menyampaikan aspirasi pada saat reses, mayoritas aspirasi disampaikan oleh laki-laki.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJPS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Political Studies is a journal of Department of Political Science, Faculty of Social and Political Sciences, State Islamic University (UIN) Sunan Ampel Surabaya which publishes scholarly work on the theory and practice of political science. The journal is devoted to publishing ...