Aviation Electronics, Information Technology, Telecommunications, Electricals, Controls (AVITEC)
Vol 6, No 1 (2024): February

Studi Komparatif Modulasi M-QAM dan QPSK pada Jaringan 4G-LTE

Cahyani Pebriyanti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nabilah Lestari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nur Asyiyah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Endah Setyowati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Khanzademma Qeisha Pynda (Universitas Pendidikan Indonesia)
Daffa' Sami Nasrullah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Daryan Pratama Alifi (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Kemajuan teknologi telekomunikasi, khususnya jaringan 4G atau LTE (Long Term Evolution), telah mengubah dunia komunikasi seluler secara signifikan. Namun, dengan meningkatnya penggunaan layanan 4G LTE sering kali diikuti oleh gangguan sinyal yang cukup mengganggu. Studi ini menggunakan metode literature review dengan menggali data yang ada sebelumnya, diikuti dengan analisis dan eksplanasi rinci untuk melengkapi penelitian sebelumnya. Penelitian ini berfokus pada berbagai tingkat modulasi, termasuk QPSK, 16-QAM, 64-QAM, dan 256-QAM. Parameter utama yang diamati adalah throughput, yang merupakan ukuran utama untuk mengevaluasi efisiensi teknik pengiriman data dalam berbagai kondisi. Hasilnya menunjukkan bahwa modulasi tingkat tinggi, seperti 256-QAM dan 64-QAM, menunjukkan nilai throughput  yang lebih tinggi dibandingkan dengan modulasi QPSK. Diharapkan bahwa penelitian ini akan memberikan gambaran umum tentang hubungan antara modulasi dan teknologi 4G LTE.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

avitec

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

This journal is the scientific publications journal published by Department of Electrical Engineering, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto. It aims to promote and disseminate the research finding in the development of management theories and practices. It will provide a platform for academicians, ...