Kecerdasan memiliki peran penting bagi anak usia dini dalam megembangkan tumbuh kembang anak,oleh karena itu, guru memiliki peran untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak yang penting bagi tumbuh kembang kemampuan bersosialisasi dan kemampuan mengelola emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses hingga hasil dari upaya yang dilakukan oleh guru Kelompok B dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal dan intrapersonal anak didiknya.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian yaitu guru kelas kelompok B Saffa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan pengamatan lapangan dan wawancara, Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif naratif.. Hasil Penelitian ini adalah Adapun upaya guru kelompok B antara lain melibatkan anak dalam memilih judul buku, melanjutkan cerita yang awalnya diceritakan oleh guru dan Memberi kesempatan kepada anak-anak untuk menjawab pertanyaan guru dari cerita yang sudah dibacakan oleh gurunya sebelumnya. Dengan mengembangkan dan mengenali kecerdasan intrapersonal dan intrapersonal seorang anak dapat mengenali dirinya sendiri dan mengelola emosinya dengan baik.
Copyrights © 2023