DESKOVI : Art and Design Journal
Vol. 6 No. 1 (2023): JUNI 2023

Literasi Numerasi Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Ragam Hias Papua Menggunakan Limbah Anorganik dan Teknik Khombow

Retnoning Adji Widi Astuti (Program Studi Kriya Seni, Jurusan Seni Rupa dan Desain Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua)
Bayu Aji Suseno (Program Studi Seni Rupa Murni, Jurusan Seni Rupa dan Desain Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua)
Putri Prabu Utami (Program Studi Kriya Seni, Jurusan Seni Rupa dan Desain Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua)
Apedius Kegiye (Program Studi Kriya Seni, Jurusan Seni Rupa dan Desain Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai ragam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendasar numerasi anak usia dini melalui pembelajaran seni rupa dalam penerapan ragam hias tradisional Papua dengan motif Tifa Sentani menggunakan limbah anorganik (kaleng bekas) dan teknik lukis khombow. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan numerasi dalam pembelajaran ragam hias geometris yang diukur mencakup kecakapan logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan matematika yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi kuantitatif dan spasial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar visual menggunakan konsep dan pengetahuan numerasi (matematika) menjadi media alternatif untuk mengembangkan pembelajaran berbasis konteks kearifan lokal. Pembelajaran numerasi pada anak usia dini dalam menggambar ragam hias tradisional dapat mengintegrasikan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, sehingga anak dapat memiliki kemandirian dalam memecahkan permasalahan untuk mengambil keputusan dan menyesuaikan diri secara konstruktif di lingkungan sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

deskovi

Publisher

Subject

Arts

Description

DESKOVI : Art and Design Journal is a journal published officially by Universitas Maarif Hasyim Latif. The topics in DESKOVI cover the results of study and creation that can broaden knowledge in the field of art and design in general with a focus on the topic of design processes, design methodology, ...