JURNAL ECONOMINA
Vol. 3 No. 2 (2024): JURNAL ECONOMINA, Februari 2024

Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Consumer Non- Cyclicals Subsektor Makanan & Minuman di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018 - 2022)

Asti Puspitaningrum (Universitas Pamulang)
Siti Hanah (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, dan Kebijakan Hutang terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel perusahaan manufaktur sektor Consumer Non-Cyclicals subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 – 2022. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2018 – 2022 menggunakan metode purposing sampling dengan jumlah perusahaan yang dijadikan sampel sebanyak 15 perusahaan dengan periode penelitian selama 5 tahun, sehingga diperoleh sampel sebanyak 75 perusahaan. Pengolahan data menggunakan program Statistik Eviews 12. Hasil uji statistik F menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Selanjutnya hasil uji statistik t menunjukkan bahwa variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh secara parsial terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan variabel Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ECONOMINA (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers. ECONOMINA has been published since 2022. It is currently published every month a year with e-ISSN: 2963-1181. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is ...