JURNAL ECONOMINA
Vol. 3 No. 2 (2024): JURNAL ECONOMINA, Februari 2024

Pengaruh Penerimaan Pajak Hotel, Pajak Restoran, dan Pajak Parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI Jakarta Periode 2020-2022 (Studi Empiris pada Bapenda Provinsi DKI Jakarta)

Salsabil Zakia (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Amor Marundha (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Uswatun Khasanah (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restoran, dan Pajak Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah DKI Jakarta Periode 2020-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Bapenda Provinsi DKI Jakarta yaitu laporan target dan realisasi pajak hotel, pajak restoran, pajak parkir, dan pendapatan asli daerah DKI Jakarta per-kecamatan periode 2020-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan sampling jenuh, di mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel, yaitu sebanyak 129 data observasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan eviews versi 13. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pajak hotel berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah, pajak restoran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah, dan pajak parkir berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan asli daerah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ECONOMINA (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers. ECONOMINA has been published since 2022. It is currently published every month a year with e-ISSN: 2963-1181. The Digital Object Identifier (DOI) is assigned to each published article and the journal is ...